Being a Swiftie: The Origin Story

According to Urban Dictionary, Swiftie: "Obsessive fan that knows everything about pop/country singer/songwriter Taylor Swift."



Pasti teman-teman yang kenal saya tahu kalau saya adalah seorang Swiftie. Pertanyaan yang mungkin terlintas di benak kalian, sejak kapan? kenapa harus Taylor? bagaimana ceritanya?
Silahkan duduk yang manis, ambil secangkir kopi, karena ini adalah saatnya "Story Time" hahaha.

Tepatnya pertengahan tahun 2009, sekitar bulan Juli/Agustus, saya sedang mencari lagu-lagu barat untuk mengisi playlist handphone. Sebelumnya saya adalah termasuk pecinta musik dalam negeri (Indonesia), namun saat itu sedang populer musik-musik melayu bahkan k-pop (damn) yang dipelopori 'smash', 'cherrybelle' dkk., sehingga membuat saya kecewa dan fokus ke musik barat. 


Setelah menelusuri google dengan keyword "top songs of the month" dan chart billboard (pertama kali tahu chart ini), akhirnya saya mendapatkan belasan lagu diantaranya ada lagu yang katan yang katanya bergenre country pop yang berjudul You Belong With Me (lagu-lagu lainnya didominasi pop).

Seminggu saya mendengarkan lagu-lagu tersebut, saya berkeinginan untuk mencari lagu lainnya. Dengan keyword yang hampir sama, saya menemukan beberapa lagu, salah satu lagunya berjudul Love Story. Menurut saya lagu ini jenius, awalnya saya tak menyukai musik country, namun penyanyi ini yang bernama Taylor Swift memadukan dengan sentuhan pop sehingga sangat easy listing dan catchy. 


Saat itu saya jadi penasaran dengan genre country pop yang dinyanyikan si Taylor Swift ini, akhirnya membuat saya mencari single-single lainnya dari album tersebut. Ternyata You Belong With Me dan Love Story merupakan single ke-3 dan pertama dari album keduanya (Fearless). 

Saya langsung men-download single ke-2nya White Horse, dan ternyata unsurprisingly very good. 

Beberapa hari kemudian saya langsung penasaran dengan penyanyi ini. Saya mengoogle si Taylor Swift, membuka halaman Wikipedianya, dan bahkan membuka websitenya.
Album pertama dan keduanya langsung saya download dan tak disangka semua lagu di dalamnya saya suka. Sangat aneh untuk penyanyi dengan genre country. 

Taylor menjadi penyanyi pertama diluar penyanyi Indonesia yang albumnya saya download full.

Dan untuk menunjang album yang saya download tadi, saya juga mulai menyimpan (save) foto-fotonya dari google ke pc, bahkan music video untuk single yang sudah dirilisnya juga didownload, beserta video-video live performance yang bagus. Saya juga sering buka halaman wikipedia-nya dan bergabung di forum-forum yang membahas Taylor. Mungkin itu alasannya teman-teman sering bertanya kenapa banyak tahu tentang Taylor.

Peristiwa-peristiwa itu terjadi sekitar akhir tahun 2009 (Oktober-December). 
Mungkin secara official, saat itu saya sudah menapakkan kaki untuk menjadi seorang Swiftie.

Tahun 2009 berakhir... and the rest is HISTORY.

Thank you Taylor for your music.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar