Tips dan Trik Koas

Untuk Teman Sejawat Dokter Muda yang baru. Tulisan ini dibuat hanya untuk menyampaikan pesan yang baik dan mengarahkan adik-adik teman sejawat menjadi dokter muda yang jujur dan bertanggung jawab (acikale' hahaha). 
1. Persiapkan peralatan coass dan juga buku-buku yang diperlukan. Ini sangat penting untuk menunjang kesehariann kita di dunia koas yang 24 jam harus siap siaga, jas sneli dokter muda, baju jaga, serta alat perlindungan diri seperti sarung tangan dan masker lebih baik milik sendiri yah jangan sampai mengandalkan rumah sakit karena sering kali peralatan tersebut sudah habis atau bahkan tidak disediakan.

2. Pelajari tradisi-tradisi baik suatu stase (ovoran). Misal stase di bagian Pediatri tradisinya harus giat berlajar, datang ke RS sebelum pukul 07.00 dan pulang stase pukul 15.00 dan Jaganya pukul 15.00 pulang jaga 06.00 (biasanya sambung stase) usahakan selalu tepat waktu, no ngaret. Karena bisa membuat kita ketinggalan follow up, visite bersama dokter konsulen, bahkan bisa berantem sesama teman karena kitanya yang malas.

3. Selalu perkenalkan diri kita ke lingkungan yang baru, beradaptasilah dengan baik, selalu salam kepada civitas di RS, hormati semuanya termasuk para karyawan yang bersih bersih ataupun ibu bapak satpam, karena disana kita adalah tamunya dan kita wajib sopan santun dan hormat pada penghuni RS. Dan ingat kita di sana untuk belajar, bukan untuk lebih tinggi status sosialnya apalagi menyuruh nyuruh layaknya petinggi RS, jangan yah :)

4. Belajar. Ini yang terpenting karena bohong jika ada yang bilang pengalaman lebih penting dari belajar. Sebab dengan belajar kita mengerti sesuatu pengetahuan kenapa kita bertindak ini dan itu, jangan jadi dokter muda yang hanya bisa disuruh suruh dan di minta tenaganya, kita adalah ilmuan, orang terdidik yang harus punya alasan untuk bertindak. Jangan sampai tindakan kita membahayakan pasien kita. Dan agar di tanya konsulen kita mantap menjawab :)
(Pengalaman tanpa belajar adalah prilaku yang tak mendasar)

5. Attitude. Pendamping dan jiwa raga kita. Ini adalah roh dan jiwa kita, jangan sombong, jangan gak sopan apalagi kurang ajar terhadap siapapun bahkan orang yang kita kira pekerjaannya rendah. Jangan pernah sekali-kali, percuma kita pintar tetapi attitude kita jelek, dan percuma juga jika attitude kita baik tapi kita tidak belajar. Mereka selalu melengkapi. Ibarat kalo bertepuk tangan harus kedua tangan ya :)

6. Selalu evaluasi belajar dan pengalaman stase sebelumnya, jangan tidak belajar dari pengalaman, karena kita harus memperbaiki di stase berikutnya, harus lebih baik, lebih rajin dan lebih siap menghadapi tantangan di depan.

7. Jangan nilai oriented, jangan sekali-kali hanya berpikir harus A, B+, B dll. Nilai penting dan sangat bagus untuk kita dapatkan yang terbaik. Tapi yang lebih penting adalah nilai itu sesuaikah dengan usaha kita, jangan jadi penjilat di depan konsulen. Lakukanlah cara cara terhormat dan terbaik yang teman sejawat bisa.

8. Selalu bersyukur, selalu minta doa kedua orang tua, selalu jadi koas teladan bagi senior, sejawat juga adik-adik kita :)


Semoga tulisan ini membantu teman-teman sejawat semua
Tetap semangat dan selamat datang di dunia baru.

Best Regards!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar