Road to UKMPPD


UKMPPD. Hal yang paling ditakuti setiap mahasiswa kedokteran di Indonesia. Setelah melalui pendidikan pre-klinik dan klinik yang berlangsung selama kurang lebih 6 tahun, kami harus mengikuti ujian akhir untuk menentukan apakah kami pantas untuk menjadi seorang dokter Indonesia yang berkompeten. 

Lulus UKMPPD dibutuhkan supaya kami bisa lanjut Internship dan mendapatkan SIP (Suran Izin Praktek). Dunia semakin modern dan tantangan-tangan harus kami hadapi.
UKMPPD dijadwalkan 4 kali dalam setahun yakni bulan Februari, Mei, Agustus dan November. Saya dijadwalkan mengikuti ujian bulan November, dan syarat untuk mengikuti ujian kompetensi adalah dengan lulus Try Out Lokal yang diselenggarakan Fakultas. 

Dari akhir Mei sebenarnya kami sudah mulai belajar sih, mengikuti bimbingan MANTAP di Jogja misalnya (BACA DISINI), namun saya hanya akan membagikan pengalaman mulai bulan September ya. Untuk bulan Juni, Juli, Agustus lebih banyak didominasi oleh bimbingan Stase UKMPPD (BACA DISINI). 

Bimbel MANTAP Jogja
Oke, first of all, saya, Agung, Raja dan Lesley memutuskan untuk membentuk kelompok belajar. Maklum, kami adalah sisa-sisa wisuda Februari yang baru mengikuti UKMPPD bulan November karena beberapa masalah saat kami balik HER di tempat yang tidak diharapkan wkwk.

Kami mulai belajar full di bulan September, tepatnya tanggal 3-7 September, kami mulai membahas soal-soal TO Poin di Excelso, Rumahnya Raja, dan beberapa tempat yang lain.

11-15 September, kami membahas TO Padi di rumahnya Agung dan Lesley.

17-24 September, kami membahas soal-soal Optima Klinik dan TO Optima di rumahnya Agung, Lesley, Coffee & Chef, Buddy Burger dan tgl 22 September kami sempat menginap di Best Western Hotel Manado sambil membahas TO Optima.

Best Western. Bahas TO Optima
25-26 September, kami membahas soal-soal Padi Pretest dan TO Final di Eatboss dan Maxx Coffee. Anw, tangga 26 September, kami ada sekitar 12 orang ditunjuk untuk mengikuti simulasi OSCE. Scary tapi cukup berguna sih. wkwk

27-28 September, kami membahas soal Seminar Optima di rumahnya Lesley.

29 September, kami membahas soal-soal Dikti yang sudah lewat di rumahnya Lesley.

30 September adalah briefing TO Dikti, kami datang ke kampus kleak sekitar pukul 1 siang dan pulang sekitar pukul 3 sore.

1 Oktober. TryOut DIKTI. Kami kumpul di kampus sekitar pukul 7 pagi. TO dimulai pukul 8 pagi dengan system seperti UKMPPD yang sebenarnya. Selesai TO kami harus dikarantina. Kami pulang pukul 2 siang.

2-4 Oktober, kami belajar di rumahnya Agung untuk membahas soal-soal TO Lokal sebelumnya.

5 Oktober, briefing TO Aipki namun paginya kami membahas soal-soal TO Aipki sebelumnya.

6 Oktober. TryOut AIPKI. Sama seperti Dikti, kami kumpul pukul 7 pagi, selesainya harus kembali di karantina sampai pukul 2 siang. Saya dan Agung sesi pagi, Raja dan Lesley sesi siang. Selesai TO, saya dan Agung ke rumahnya Agung untuk istirahat sejenak sambil menunggu Raja dan Lesley selesai. Malamnya kami membahas sisa-sisa soal TO Lokal yang belum sempat dibahas sebelumnya. Tengah malamnya, kami nonton Venom wkwk.

Total soal yang kami bahas sebelum TO Lokal adalah sekitar 7830 soal. Lumayan banyak ya, and still more to come. wkwk
7 Oktober adalah masa tenang, sebelum menghadapi TO Lokal. Hahaha.
8 Oktober. Hari yang ditunggu-tunggupun telah tiba. Wkwk. Waktunya TryOut LOKAL yang merupakan tiket mengikuti UKMPPD. Semua peserta datang sangat awal untuk mencari tempat duduk yang strategis namun nyatanya sebelum ujian dimulai, tempat duduk kami diatur kembali berdasarkan absen. Hahaha. Alasan? Sssttt. Rahasia UNSRAT. wkwk

Anw, sorenya langsung pengumuman. Aaannd by the Grace of God, saya lulus. Kami berempat lulus. Tiket berhasil kami dapatkan untuk mengikuti UKMPPD di bulan November nanti.

Diminggu tersebut juga diumumkan hasil TO DIKTI dan TO AIPKI aaanndd another Grace of God, saya lulus juga. Disaat itu pikiran tinggal satu: LULUS UKMPPD.

Minggu depannya tepat tanggal 15 September, kami kembali belajar, kali ini di rumahnya Agung. Tanggal 15 dan 16 kami membahas 2 TO FDI, tanggal 17 tiga paket Medicuss dan tanggal 17-19 kami membahas 4 TO POIN, anw Agung memutuskan untuk liburan ke Bandung disaat kami membahas TO POIN ya. Wkwk. 3 Hari tersebut kami membahasnya di Giant Kairagi dan Kawan Baru Megamall.

22 Oktober di rumahnya Lesley, kami bertiga (Agung belum pulang) membahas soal TO Padi 1.

23-24 Oktober di rumahnya Agung, kami membahas soal TO Optima 1-3.

25-27 Oktober kami membahas TO Padi 2-5 and anw di tanggal 25 kami sempat nonton a Star is Born ya wkwk.

Halloween at Megamall. Melepas penat sejenak dari soal-soal.

29 Oktober sampai 2 November, kami membahas soal-soal TO Ingenio. 

3 November, kami mengikuti TO Poin di Hotel DivaChk Bahu. Selesai pukul 7 malam.

Post TryOut Poin @ DivaChk
5-7 November, kami membahas soal-soal prediksi Ingenio.

8 November. 2 hari sebelum ujian CBT, kami membahas TO Final Padi dan soal Dikti yang bulan sebelumnya kami kerjakan. 

Craziness H-2. Treaty of Peace.
9 November, H-1. Kami dibagi menjadi 2 tempat ujian. Saya dan Agung ujian di Universitas De La Salle Manado. Kami mengikuti briefing hari ini. Selesai pukul 12 siang, dilanjutkan dengan menonton Bohemian Rhapsody. Wkwk

Total soal yang sudah kami bahas sebelum ujian adalah kurang lebih 13.728 soal (LOL). Bisa dikatakan cukup banyak ya. (soal yang dibahas ini tidak termasuk soal yang sudah dijawab namun belum dibahas karena waktu tidak cukup wkwk). 
anw, rinciannya sebagai berikut:

sebelum TO Lokal
Latihan Mantap Agustus: 971
TO Mantap Agustus: 300
TO FutureDoctorIndonesia Agustus: 400
Seminar Optima Mei: 235
TO Poin Mei: 800
TO Padi Agustus: 1000
Optima Klinik Agustus: 800
TO Optima Agustus: 800
Pretest Padi Agustus: 200
TO Final Padi Agustus: 200
Seminar Optima Agustus: 390
Soal Dikti Agustus: 244
Soal Aipki Agustus: 484
Soal TO Lokal Lama + Prediksi: 1006

sesudah TO Lokal
TO FutureDoctorIndonesia November: 1200
TO Medicuss Agustus: 450
TO Poin Agustus: 800
TO Padi November: 1000
TO Optima November: 378
TO Final Poin November: 200
TO Ingenio November: 500
Prediksi Ingenio November: 1070
TO Final Padi November: 200
Soal Dikti November: 100 
Aaaanndd today is the day! 10 November 2018. CBT DAY. Salah satu hari yang paling ditunggu namun ditakuti mahasiswa kedokteran. 6 tahun kami menimbah ilmu untuk hari ini.
Kami kumpul di De La Salle pukul 7 pagi. Ujian dimulai sekitar pukul 9. Soal pertama agak tricky ya, dilanjutkan dengan soal-soal lain yang semakin tricky, damn. Intinya, soal CBT itu susah (serius wkwk) makanya belajar yang benar, juga berdoa biar lulus. Selesai ujian kami dikarantina dulu nanti dipulangkan pukul 2 siang. Post ujian? Nonton Overlord dan malamnya Karaoke. 

Post CBT
11 November, hari istirahat.

12-16 November, kelompok kami bergabung dengan Etet, Yafet, Nini dan Kevin. Kami belajar di rumahnya Etet untuk menghadapi OSCE. Hari pertama kami hanya membahas soal-soal CBT yang kebanyakan salahnya wkwk. Kami belajar serius mulai tanggal 13. *Honorable mention: kami sempat mengundang sejawat kami Bill Bogar (dia yg meminta namanya disertakan :p) untuk membantu kami belajar OSCE selama beberapa hari. Thanks untuk tips dan triknya ya (PAPIPAMIAT sangat berguna lol). Anw, menurut saya metode belajar terbaik OSCE adalah dengan perbanyak simulasi dengan teman-teman. Makin sering simulasi makin terbiasa dan santai. Untuk masalah teori menurut saya sudah cukup karena kalau belajar dengan sungguh-sungguh saat persiapan CBT harusnya untuk OSCE tinggal tindakan saja dan anamnesis yang diasa. 

H-1 OSCE diadakan briefing and damn. Saya mulai di station 1, berakhir di station 14 aka. station istirahat. Saya kurang begitu senang dengan urutannya, karena station 1 adalah Psikiatri yang banyak anamnesisnya. Biasanya station pertama mulai adalah saat yang paling deg-deg-an namun sudahlah. Tetap berdoa dan semangat.

Anndd the day has come. 17 November 2018. OSCE DAY. Karena nama dari A, saya ujian di hari pertama, sesi pertama dan kebetulannya lagi, Station pertama, damn. (CERITA LENGKAPNYA KLIK DISINI).
 
Selesai OSCE perasaan saya campur aduk. Campuran antara lelah, lega, senang, juga gugup. wkwk. Finally. Berbulan-bulan persiapan, bertahun-tahun belajar, akhirnya UKMPPD telah selesai, tinggal menunggu hasil di bulan Desember.

Saya berharap, KAMI BERHARAP, semua bisa lulus dengan nilai yang baik. Semoga perjuangan selama bertahun-tahun ini tidak sia-sia. 

Post OSCE
Jadwal pengumuman sebenarnya tanggal 17 Desember, lalu dimajukan 10 Desember, anndd... *music* 
tepatnya tanggal 4 Desember, ada yang menelpon saya (aka. Agung) sekitar pukul 9 pagi (maklum, libur jadi malas bangun pagi wkwk). Ternyata hasil ujian sudah ada (whatdefakk?). Palpitation to the MAX. 

AND TO THE GRACE OF GOD:

satu kata: LULUS!!!
Thanks God, Thanks Mom, Dad, all my family, to all sejawat-sejawat. 
Best morning ever.

Disaat kami bersukacita karena One Shoot, ada beberapa teman-teman kami yang belum beruntung. Untuk yang belum lulus maupun yang belum mengikuti UKMPPD, tetap semangat, tak peduli cepat atau lambat kalian menjadi dokter, in the end, kalau tetap tekun belajar dan semangat toh tetap jadi dokter. Belajar dan berdoa, ingat: usaha tidak akan pernah menghianati hasil, toh pasien tak akan pernah bertanya kalian lulus dan wisuda pertama, kedua, dan sebagainya. It's just about time.

1 komentar:

  1. keren kak tulisannya. semoga membantu kami yang belum ukom ya.
    pasti penulisnya sekeren tulisannya (maafkeun salah fokus) :D:D:D

    BalasHapus