5 Mitos Jaga Malam yang Sering Dialami Dokter Muda


Dalam pendidikan menjadi seorang dokter, setelah lulus S1 mahasiswa akan melanjutkan ke jenjang berikutnya yaitu pendidikan profesi yang disebut dengan 'koas'. Dalam fase ini, para dokter muda akan terjun langsung ke rumah sakit dan dibimbing oleh para residen dan dokter penanggung jawab. Sebagai koas, para dokter akan menjalani berbagai pendidikan dalam beberapa bagian mulai dari forensik, anak, mata, kulit, dan pendidikan lain sesuai jenis spesialisasi. 

Nah, di pendidikan koas ini, para dokter muda juga akan mengalami kegiatan jaga malam di rumah sakit. Saat kegiatan jaga ini, terdapat beberapa mitos yang populer di kalangan para dokter koas. Ini dia mitos-mitosnya!
 
1. Menimbang berat badan saat jaga malam akan mendatangkan banyak pasien 

Mitos ini salah satu mitos populer di kalangan koas. Banyak yang mengatakan jika seorang dokter koas menimbang berat badan saat jaga malam, maka akan banyak pasien yang datang pada jam jaga tersebut.


2. Jangan makan bebek ketika jaga di stase forensik 

Mitos selanjutnya ini juga merupakan mitos terpopuler di kalangan dokter koas. Mitos ini seringkali terjadi pada stase bagian forensik. Ketika seorang dokter koas memilih bebek sebagai menu makan malamnya, maka jadwal otopsi pada saat itu akan muncul sangat ramai. Ketika hal ini terjadi saat jam jaga, para dokter koas akan mencari tahu siapa yang makan bebek pada saat itu.

 
3. Dilarang mengeluarkan kalimat-kalimat 'sombong' saat jaga malam 

Hal yang dimaksud dengan 'sombong' disini adalah ucapan-ucapan seperti "Wah, sepi ya malam ini" atau "Sedikit ya pasien hari ini". Perkataan seperti ini dipercaya akan mengundang pasien-pasien baru pada saat jam jaga. Hal ini berlaku pada stase manapun dalam pendidikan koas.


4. Jangan potong rambut ketika jaga malam di stase forensik 

Mitos selanjutnya masih datang dari stase forensik. Banyak yang mempercayai bahwa ketika seorang koas memotong rambutnya sebelum atau saat jaga malam, jumlah pasien otopsi pada saat itu akan tiba-tiba meningkat.

 
5. Harus mandi sebelum jaga 

Nah, mitos terakhir ini jadi mitos paling populer di kalangan dokter koas. Dipercaya bahwa para dokter koas harus mandi terlebih dahulu sebelum jaga agar bersih dan wangi. Karena, mitos ini mengatakan bahwa ketika seorang dokter mengeluarkan aroma tidak sedap, maka jumlah pasien pada saat jam jaga akan sangat banyak!

SUMBER 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar