KKP Minggu 2: Ilmu Penyakit Dalam (Interna)

Setelah seminggu KKP di bagian Pediatri (+ jaga malamnya), minggu kedua kami menuju ke Interna.

Hari pertama merupakan hari bimbingan awal. Kami masuk ke ruang rapat lantai satu dan diberikan penjelasan mengenai pemeriksaan fisik interna secara umum dari kepala-kaki oleh. dr.Frans (internist). Kami selesai pukul 2.30PM.

Hari kedua kami dibagi menjadi 5 kelompok yang masing-masing kelompok terdiri dari 7 orang yang tiap-tiap kelompok tersebut dibimbing oleh masing-masing residen. Saya tergabung di kelompok 4 dengan pembimbing dr.Meli. Kami melakukan pemeriksaan fisik pada diri kami sendiri terlebih dahulu.

Hari ketiga dan keempat kami menginterpretasikan pemeriksaan fisik yang sudah kami pelajari 2 hari sebelumnya pada pasien. Jauh lebih menarik dibanding Pediatri yang tiap hari disuguhkan materi perkuliahan. Selama 2 hari tersebut kami berjalan-jalan mencari pasien dengan patologi khas di Irina C. Kami menemukan Pasien TBC, Asites, Gagal Jantung, bahkan penderita HIV/AIDS. 2 Hari yang menyenangkan.




Hari kelima sekaligus hari terakhir kami hanya ke Irina C untuk meminta tanda tangan dokter dan langsung disuruh pulang.

Walaupun saat di Interna rata-rata pulang jam 3PM, namun sepertinya lebih padat dari Pediatri yang rata-rata pulang pukul 4-5PM. Mungkin karena Pediatri hanya kuliah begitu saja (kecuali jaga malam ya) sedangkan Interna benar-benar melihat pasien.

Good bye Interna.
It's so fun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar