KKP Minggu 8: Obstetri & Ginekologi

Minggu ke-8 KKP. Tinggal 1 bagian lagi sebelum berakhir. Menurut saya, bagian Obs-gyn cukup menyenangkan. Ada suka maupun dukanya. Karena KKP minggu ini cukup menarik jadi saya akan menguraikan hari demi hari.

Sebenarnya kami mulai masuk bagian Obs-gyn hari Sabtu 22 Agustus. Kami melapor ke residen penanggung jawab kemudian mengikuti presentasi dari kelompok yang sebelumnya KKP di bagian ini (KKP Kelompok 1). Kami disuruh kumpul pukul 9 pagi, namun presentasi nanti dimulai pukul 11.30 dan berakhir sekitar pukul 1 siang. 

Hari pertama di bagian Obs-gyn (24 Agustus) kami sudah terlebih dahulu dibagi menjadi 4 Grup. 4 Grup tersebut akan rolling di 4 sub-bagian Obs-gyn yaitu Grup 1 di VK/IRDO, Grup 2 di Ruang Nifas Bawah, Grup 3 di Poliklinik Obstetri, dan Grup 4 di Poliklinik Ginekologi.
Tiap kelompok ke bagian yang telah ditentukan pukul 1 siang untuk mencari kasus untuk dilaporkan pada presentasi hari sabtu nanti. Karena kelompok saya di bagian Nifas, jadi kami mengambil persalinan fisiologis. Setelah mendapatkan data yang dibutuhkan, kami menuju ke VK/IRDO. 
Perlu diingat bahwa untuk Poli Obs dan Gyn biasanya tutup pukul 1 siang jadinya tiap hari setiap pukul 2 kami semua sudah berkumpul di Ruang Meeting VK/IRDO.
Setelah menunggu cukup lama, kami istirahat pukul 5 sore karena akan kembali pukul 7 malam.
Singkat cerita setelah MCK ataupun makan malam, sekitar pukul 7 kami berkumpul di ruang meeting VK/IRDO untuk bimbingan dari dr.Tina.
Bimbingan berakhir pukul 9 malam dan kami diizinkan untuk pulang.


Hari kedua: pukul 1 grup saya menuju ke tempat selanjutnya yaitu Poliklinik Obstetri. Sialnya tidak ada pasien. Haha. Dimaklumi karena RSU Malalayang merupakan RS Tipe A dimana hanya menerima rujukan sehingga pasien-pasien yang ada biasanya merupakan pasien rujukan. Akhirnya kami menuju ke VK/IRDO. Disana kami terkumpul dengan grup yang lain untuk mendapatkan bimbingan dari dr.Cory. Seperti biasa, pukul 5 sore kami istirahat.
Malamnya kami beruntung karena ada 3 operasi. 2 SC, 1 KET. Kami yang jaga malam saat itu menunggu masuk ke ruang operasi. Malam yang panjang. Kami pulang pukul 6 pagi!!! (Padahal paginya ada kuliah)

Hari ketiga: kali ini di Poliklinik Ginekologi. Sama seperti kemarin pasien sudah pulang. Certanya sama, kami ke Ruang meeting VK/IRDO dan kali ini dapat bimbingan dari dr.Albert.
Pukul 7 malam kami kembali tapi saya tidak jaga malam kali ini karena masih capek karena jaga malam sebelumnya. Kami pulang pukul 9 malam.

Hari keempat: giliran di VK/IRDO lagi-lagi menunggu dan akhirnya gabung di meeting room. Kami dibimbing dr.Alexander (kalau tidak salah namanya). Eh ia, pukul 4 ada Partus Normal, dan karena kelompok saya yang jadwalnya VK/IRDO jadi kami sangat beruntung melihat Partus Normal. Yeah. Kami istirahat pukul 5 sore dan kembali pukul 7 kemudian dibimbing oleh dr.Albert. Saya memutuskan untuk tidak jaga malam lagi. Kami pulang pukul 10 malam. 

Hari kelima: semuanya berkumpul di ruang meeting VK/IRDO pukul 1 (seperti biasa). kemudian diberi bimbingan oleh dr. Gery (kalau tidak salah namanya). Istirahat pukul 5, kembali pukul 7 dan dibimbing lagi oleh dr. Gery. Kami pulang pukul 9 malam.

Mungkin kalian bertanya, Bimbingan yang diberikan adalah mengenai Pemeriksaan Fisik, Penunjang, Partograf, dll yang kebanyakan berhubungan dengan Obstetri

Hari keenam (Sabtu, 29 Agustus): hari terakhir KKP di Obs-gyn. Kami berkumpul pukul 9 di ruang meeting namun presentasi tiap grup dimulai nanti pukul 12 siang.
Kegiatan berakhir pukul 2 siang

Walaupun banyak menunggu, namun KKP Bagian Obs-gyn mungkin menjadi salah satu favorit saya karena pada beberapa titik benar-benar sibuk dibandingan KKP Bagian yang lain. Dan satu lagi. Setelah dipikir-pikir tidak membosankan. 

Good bye ObsGyn!!!

 

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar