Yang perlu kamu ketahui tentang COVID-19

Coronavirus adalah salah satu jenis virus yang menyebabkan penyakit. Coronavirus yang baru diidentifikasi, SARS-CoV-2, yang telah menyebabkan pandemi di seluruh dunia, disebut COVID-19.

Apa yang perlu Anda ketahui mengenai virus ini?
  • COVID-19 adalah penyakit yang disebabkan oleh coronavirus baru yang muncul di Cina pada bulan Desember 2019.
  • Gejala COVID-19 termasuk batuk, demam, sesak napas, sakit otot, sakit tenggorokan, kehilangan rasa atau bau, diare dan sakit kepala yang tidak dapat dijelaskan. COVID-19 bisa parah, dan beberapa kasus telah menyebabkan kematian
  • COVID-19 dapat disebarkan dari orang ke orang. Ini didiagnosis dengan tes laboratorium.
  • Sampai sekarang belum ada vaksin coronavirus. Pencegahannya adalah sering mencuci tangan, batuk di tikungan siku, tinggal di rumah ketika Anda sakit dan mengenakan kain penutup wajah jika Anda tidak bisa melakukan physical distancing.

Bagaimana penyebaran COVID-19?

Sampai sekarang, para peneliti mengetahui bahwa coronavirus disebarkan melalui droplet yang dilepaskan ke udara ketika orang yang terinfeksi batuk atau bersin. Droplet umumnya tidak bergerak lebih dari beberapa meter, dan atuh ke tanah (atau ke permukaan) dalam beberapa detik - inilah mengapa physical distancing efektif dalam mencegah penyebaran.


Bagaimana coronavirus baru ini menyebar ke manusia?

COVID-19 muncul di Wuhan, sebuah kota di Cina, pada bulan Desember 2019. Meskipun para pejabat kesehatan masih melacak sumber yang tepat dari virus corona baru ini, hipotesis awal berpikir itu mungkin terkait dengan pasar makanan laut di Wuhan, Cina. Beberapa orang yang mengunjungi pasar mengembangkan pneumonia virus yang disebabkan oleh coronavirus baru. Sebuah studi yang keluar pada 25 Januari 2020, mencatat bahwa individu dengan kasus yang dilaporkan pertama menjadi sakit pada 1 Desember 2019, dan tidak memiliki hubungan dengan pasar makanan laut. Investigasi sedang berlangsung tentang bagaimana virus ini berasal dan menyebar.


Berapa masa inkubasi COVID-19?

Gejala muncul pada orang dalam 14 hari setelah terpapar virus.


Apa saja gejala COVID-19?
Gejala COVID-19 meliputi:
Batuk
Demam
Sesak napas
Nyeri otot
Sakit tenggorokan
• Kehilangan rasa atau bau yang tidak bisa dijelaskan
Diare
• Sakit kepala
Dalam kasus yang jarang terjadi, COVID-19 dapat menyebabkan masalah pernapasan yang parah, gagal ginjal atau kematian.

Jika Anda mengalami demam atau kesulitan pernapasan seperti batuk atau sesak napas, hubungi dokter atau penyedia layanan kesehatan Anda dan jelaskan gejala Anda melalui telepon sebelum pergi ke kantor dokter, fasilitas perawatan darurat atau ruang gawat darurat.

Jika Anda memiliki keadaan darurat medis seperti sesak napas parah, segeralah ke fasilitas kesehatan untuk diperiksa.


Bagaimana COVID-19 didiagnosis?

Diagnosis mungkin sulit dengan hanya pemeriksaan fisik karena kasus-kasus COVID-19 yang ringan mungkin tampak mirip dengan flu atau pilek. Tes laboratorium dapat mengkonfirmasi diagnosis. Pelajari lebih lanjuttentang pengujian COVID-19.


Bagaimana perawatan COVID-19?

Sampai sekarang, tidak ada pengobatan khusus untuk virus tersebut. Orang yang menderita COVID-19 harus diobati dengan tindakan suportif: menghilangkan gejala. Untuk kasus yang parah, mungkin ada opsi tambahan untuk perawatan, termasuk obat-obatan penelitian dan terapi.


Apakah COVID-19 menyebabkan kematian?

Sampai 23 Juni 2020, 472.541 kematian telah dikaitkan dengan COVID-19. Namun, 4.544.196 orang telah pulih dari penyakit tersebut. Informasi ini berasal dari Coronavirus COVID-19 Global Cases map developed by the Johns Hopkins Center for Systems Science and Engineering.


Apakah coronavirus ini berbeda dari SARS?

SARS adalah singkatan dari severe acute respiratory sundrome. Pada tahun 2003, wabah SARS dimulai di Cina dan menyebar ke negara-negara lain sebelum berakhir pada tahun 2004. Virus yang menyebabkan COVID-19 serupa dengan yang menyebabkan wabah SARS 2003: keduanya adalah jenis coronavirus. Banyak yang masih belum diketahui, tetapi COVID-19 tampaknya menyebar lebih cepat daripada SARS 2003 dan juga dapat menyebabkan penyakit yang tidak terlalu parah.


Bagaimana Anda melindungi diri dari virus korona ini?

Sangat penting untuk mempraktikkan kebersihan yang baik, etiket pernapasan dan physical distancing. Baca lebih lanjut tentang caramelindungi diri Anda.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar