Referat: Cedera Kepala Pada Anak

Hasil gambar untuk children head injury 


Cedera kepala atau trauma kapitis adalah cedera mekanik pada kepala yang terjadi baik secara langsung atau tidak langsung yang kemudian dapat berakibat kepada gangguan fungsi neurologis, fungsi fisik, kognitif, psikososial, bersifat temporer atau permanen. Cedera merupakan salah satu penyebab kematian terbanyak pada usia kurang dari 45 tahun dan lebih dari setengahnya merupakan akibat dari cedera kepala. Cedera kepala pada anak-anak menyumbang sejumlah besar kunjungan ke unit gawat darurat dan rawat inap setiap tahun dan tetap menjadi penyebab utama kematian dan kecacatan pada anak diatas usia 1 tahun.

Menurut American Trauma Society, kira-kira 500.000 orang masuk ke Rumah Sakit setiap tahunnya karena cedera kepala, 75.000 hingga 90.000 meninggal dan sisanya ada yang sehat tanpa meninggalkan gejala sisa dan selebihnya mengalami disabilitas.

Cedera kepala merupakan kejadian yang sering dijumpai pada anak. Cedera kepala paling sering ditemukan pada anak-anak yang berumur kurang dari 1 tahun dan pada remaja diatas 15 tahun, serta lebih banyak terjadi pada anak laki-laki. Penyebab utama cedera kepala pada anak yaitu jatuh dan kecelakaan lalu lintas. Bayi dan anak-anak lebih rentan karena ketergantungan mereka pada orang dewasa dan ketidakmampuan untuk membela diri.


Cedera kepala dan komplikasinya merupakan penyebab dari sejumah besar kematian akibat cedera pada anak-anak. Cedera kepala hebat juga bisa menyebabkan kerusakan yang serius pada otak yang sedang berkembang, sehingga mempengaruhi perkembangan fisik kecerdasan dan emosional anak dan menyebabkan kecacatan jangka panjang. Dampak yang bisa timbul pada pasien dengan cedera kepala yaitu dampak emosi, psikososial dan ekonomi keluarga.


Pasien dengan trauma kepala memerlukan penegakan diagnosa sedini mungkin agar tindakan terapi dapat segera dilakukan untuk menghasilkan prognosa yang tepat, akurat, dan sistematis. Bantuan untuk membantu memperbaiki kualitas hidup pasien dibutuhkan kesabaran dan perawatan serta kontrol dan evaluasi yang tepat dalam perawatannya.


Berikut ini akan dibahas tentang teori cedera kepala pada anak sebagai syarat menempuh pendidikan profesi dokter bagian ilmu kesehatan anak.



SELENGKAPNYA --> DOWNLOAD HERE (GOOGLE DRIVE)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar