Health Education: Imunisasi Dasar

Hasil gambar untuk immunization

Imunisasi adalah suatu cara untuk menimbulkan/meningkatkan kekebalan seseorang secara aktif terhadap suatu penyakit  infeksi menular. Imunisasi bertujuan untuk menurunkan angka kesakitan, kecacatan, dan kematian bayi akibat  Penyakit  yang Dapat  Dicegah dengan Imunisasi (PD31).

Program imunisasi nasional dikenal sebagai Pengembangan Program Imunisasi (PPI) atau Expanded Program on Immunization (EPI). Program PPI merupakan program pemerintah dalam bidang imunisasi guna mencapai komitmen internasional yaitu Universal Child Immunization (UCI) pada akhir 1982. UCI secara nasional dicapai pada tahun 1990, yaitu cakupan DTP3, Polio 3, dan campak  minimal 80%  sebelum umur  1  tahun.  Sedangkan cakupan untuk DTP1, Polio 1 dan BCG minimal 90%.


Besar cakupan imunisasi dalam program imunisasi nasional merupakan parameter kesehatan nasional, semua jenis imunisasi harus mencapai lebih dari 80%. Namun pada kenyataannya, cakupan imunisasi belum memuaskan.


Menurut  laporan CDC yang, beberapa penyakit   infeksi   seperti   pneumokokus,   campak,   rotavirus,   Haemophillus influenzae tipe B (Hib), pertusis, tetanus, dan lainnya; berturut-turut dilaporkan dapat dicegah/ dihindari melalui upaya imunisasi 26%, 21%, 16%, 15%, 11%, dan 3%.


Imunisasi dasar telah mencakup banyak penyakit yang memiliki tingkat infeksi tinggi di Indonesia, tetapi diperlukan tambahan imunisasi bagi beberapa penyakit   yang   angka   infeksinya   juga  cukup   tinggi.3 Melihat begitu pentingnya imunisasi dasar untuk diketahui para ibu, maka dibuatlah edukasi kesehatan khususnya imunisasi dasar.



SELENGKAPNYA --> DOWNLOAD HERE (GOOGLE DRIVE)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar