Wisata Malam di Alun-Alun Kidul Yogyakarta

Photo Credit: Jogjapedia.id
Artikel ini adalah sambungan dari (Art Jog 2018). Setelah selesai menikmati Art Jog 2018 dan mencicipi makanan di Secret Garden Coffee and Chocolate, kami (saya, Reifanli, Noviano, dan Agung) memutuskan untuk singgah sebentar di Alun Alun Kidul Kota Yogyakarta yang katanya ramai saat malam hari.

Alun-alun Kidul saat ini merupakan salah satu kawasan wisata malam di Kota Yogyakarta, selain Malioboro, kawasan Tugu dan Titik Nol Km Kota Yogyakarta. Dulunya Alun-alun Kidul merupakan sasana latihan ketangkasan untuk para prajurit Keraton. Halaman belakang Istana Keraton Yogyakarta ini juga sarat akan cerita. Konon dibangunnya alun-alun ini agar bagian belakang Kraton nampak seperti bagian depan yang juga ditanami pohon beringin kembar. Hal ini bertujuan supaya keraton tidak terkesan membelakangi Laut Selatan yang dikuasai Ratu Kidul. Cerita lainnya yang begitu lekat dengan keberadaan Alun-Alun Kidul adalah mitos masangin alias masuk di antara dua beringin. Menurut mitos yang dipercaya turun temurun, bagi siapa saja yang berhasil melakukan masangin maka orang tersebut hatinya bersih dan permohonannya akan terkabul. (anyway, saya berhasil melakukan masangin pada percobaan pertama, hehe. / mungkin karena punya koneksi gaib ya? Haha. JK.)
 
Photo Credit: yogyakarta.panduanwisata.id
Photo Credit: putrinyanormal.com
Selain sebagai tempat nongkrong  malam yang asik, banyak fasilitas hiburan yang biasa anda nikmati di kawasan Alun-Alun Kidul ini. Anda bisa naik sepeda tandem atau kereta/mobil odong-odong yang dihias dengan lampu hias warna-warni. Selain itu anda bisa mencoba permainan masangin, yakni anda harus berjalan kaki dari ujung alun-alun hingga melintasi 2 ringin kurung (beringin kembar yang ada di tengah alun-alun) dengan mata tertutup. Ada pula odong-odong yang menyediakan fasilitas full musik maupun layar mini. Jadi, sambil berkeliling, pengguna odong-odong dapat menikmati beragam musik. Di sini juga banyak warung lesehan sehingga anda bisa duduk-duduk santai menikmati suasana keramaian Alkid dan menikmati menu yang disajikan seperti pecel-lelean, nasi goreng, bakmi jawa, jagung bakar, wedang ronde dan sebagainya. Selain itu dikawasan alkid juga banyak penjual  angkringan, dan jajanan seperti cilok, cimol, bakso bakar, tahu gejrot, tempura, bakso tusuk, dan sebagainya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar